Selasa, 11 Desember 2012

7 Alasan Berwisata ke Lampung

Berikut ini adalah alasan - alasan yang harus anda ketahui apabila ingin berwisata ke provinsi Lampung

Alasan no 1 : Mudah dijangkau

Lampung tidak begitu jauh dari Jakarta. Hanya butuh 30 menit penerbangan saja. Saat ini, ada sekitar 17 penerbangan dari Jakarta ke Lampung, pp. Harga juga relatif terjangkau.


Alasan no 2: Lokasi surfing kelas dunia


Lampung punya Tanjung Setia. Letaknya di Krui, Lampung Barat, 60 km dari Bandar Lampung. Sekitar bulan Juli- Agustus, ombak pantai itu sedang cantik-cantiknya. Tentu saja menurut para surfer, ya. Tingginya nyaris 7 meter dengan panjang ombak sampai 200 meter. Dinas kebudayaan dan pariwisata pemerintah provinsi Lampung mencatat, wisman asal Australia paling banyak menyambangi tempat ini.

Tanjung setia krui lampung

Alasan no 3: Taman Nasional Way Kambas

Way Kambas cocok untuk penggemar wisata lingkungan. Juga pas untuk edukasi bocah. Tapi, jika membawa keluarga, siap-siap rental mobil. Dari Bandar Lampung, waktu tempuhnya masih sekitar 2 jam lagi menuju Taman Nasional Way Kambas. Ada sekitar 65 Gajah Sumatera  yang dilatih, dan Anda bisa menunggangi. Tarifnya Rp75 ribu per 30 menit.

Wisata gajah way kambas

Alasan no 4:  Wisata kota Bandar Lampung

Jika Pantai Tanjung Setia dan Way Kambas terlalu membutuhkan pengorbanan, Anda bisa kok menghabiskan akhir pekan di Bandar Lampung tanpa kehilangan suasana pantai dan alam perbukitan.
Sebagai pengganti Tanjung Setia, datang saja ke Pantai Pasir Putih.  Pemandangannya cantik, dengan kontur pantai yang lain, pasir putih yang halus serta air berwarna. Destinasi leyeh-leyeh ini hanya berjarak 20 kilometer dari pusat kota. Para traveler pelamun perlu mencermati waktu jika bertandang ke pantai ini. Sebab Pantai Pasir Putih mulai penuh dengan wisatawan nusantara dari Jakarta. Pilihan lain yang tidak terlalu ramai ialah Pantai Mutun.

Pantai pasir putih lampung
Adapun ‘versi mini’ Way Kambas ialah Taman Wisata Bumi Kedaton. Ibarat makanan, Bumi Kedaton ialah salad dan Way Kambas merupakan makanan utama. Bumi Kedaton cocok untuk rekreasi keluarga. Lokasinya di Teluk Betung, bisa dicapai dengan 20 menit perjalanan dari pusat kota. Bumi Kedaton lebih mirip kebun binatang karena disana terdapat sejumlah hewan khas Sumatera. Antara lain Gajah Sumatera, siamang, kera ekor panjang, beruk, elang juga ayam hutan dan biawak.  Suasana Bumi Kedaton pun teduh dan rindang. Tersedia area perkemahan jika Anda berminat menginap di tenda.

Alasan no 5: Teluk Kiluan

Salah satu destinasi favorit untuk menonton aksi lumba-lumba ialah Teluk Kiluan. Memang, Teluk Kiluan merupakan lokasi kawin lumba-lumba hidung botol. Disini, mereka bisa dilihat sepanjang tahun, paling banyak terlihat di pagi hari.  Jika memang berniat pergi ke tempat ini dan Anda cuma punya waktu weekend, lebih baik segera atur paket perjalanan dengan biro travel. Bukan apa-apa, infrastruktur menuju Teluk Kiluan tengah dalam perbaikan. Manfaatkan saja jasa sejumlah agen perjalanan online, misalnya paket 2 hari 1 malam di Teluk Kiluan yang ditawarkan valadoo ini.  Kecuali, Anda memang menggemari perjalanan offroad.

Lumba - lumba di Teluk Kiluan

Alasan no 6: Belanja kain tapis dan sulam usus

Kain tapis asli Lampung sudah mulai tampil dalam bentuk busana siap pakai. Masih bisa terkesan etnik, walau tak sedang mengenakan batik. Yang penting, punya penjahit pintar, sehingga tapis tak akan berkesan ‘berat’ seperti hiasan dinding menempel di badan.  Tahun lalu, desainer Dee Onk membawa Tapis ke atas catwalk Jakarta Fashion Week 2011.
Di Lampung, terdapat sentra perdagangan kain tapis di Pasar Bambu Kuning. Pedagang disana rajin menjelaskan macam ragam kain tapis, termasuk bisa menyarankan jenis kain tapis yang sesuai kebutuhan.  Mereka, biasanya juga akan merekomendasikan kebaya sulam usus.


Alasan no 7: Kuliner lezat dan kopi enak

Seruit
Mumpung di Lampung, cobalah seruit. Ini makanan khas Lampung, terdiri dari nasi putih, lalaban, ikan mas goreng dan sambal terasi. Jangan bayangkan sambal terasi yang umum dibuat di Jawa. Sedapnya beda! Pilihan lain untuk bersantap ialah makanan Palembang Pindang Meranjat. Ada tempat makan kesohor untuk menu ini, yaitu Pindang Meranjat Mak War.
Pindang ikan ini disajikan dengan kuah yang pedas kaya rempah, lengkap dengan lalapan dan sambal mangga ataupun sambal nanas. Biasanya, ada tambahan ikan lais kecil atau ikan seluang yang digoreng kering. Seporsi pindang ikan ini cuma Rp12ribuan saja.
Buat cemilan, Pempek Palembang yang ada di Lampung juga nikmat. Kerupuk Kemplang-nya juga sedap. Dan jangan lupa beli keripik pisang rasa coklat, jagung manis atapun keju. Sentra industri keripik pisang terletak di Kedaton, Bandar Lampung.
Nah, minumnya, tentu kopi. Kita bisa beli Kopi Lampung ataupun Kopi Luwak dalam kemasan untuk oleh-oleh. Lucunya, Lampung yang kaya kopi tak lantas penuh dengan kedai kopi. Baru muncul beberapa kafe dalam beberapa tahun terakhir ini.
Komplit kan destinasi di Lampung? Makanya, tidak akan rugi datang ke Lampung


Berikut ini adalah salah satu video tempat wisata yang sudah sangat terkenal di mata dunia :


Sumber : 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar